• Logo Sekolah Kami

    SMKN 5 Jember

  • Hasil memotret dengan cara panning

    Panning adalah memotret dengan menggerakkan kamera searah dengan arah gerakan obyek yang ingin dibidik sehingga obyek akan tampak fokus sementara background tampak kabur.

  • Gambar Susunan Pengkabelan Jaringan

    Ini adalah susunan Pengkabelan Straight (Kabel untuk LAN) dan Pengkabelan Cross (Kabel untuk peer to peer)

  • Blogger dan Wordpress

    Blogger dan Wordpress adalah salah satu media pembuatan Web

  • Hacker

    Hacker adalah

  • This is Slide 6 Title - NewBloggerThemes.com

    This is slide 6 description. Go to Edit HTML and find this content. Replace it your own description.

Kamis, 28 Februari 2013

Posted by Unknown
No comments | 09.43
Ketika saya membeli modem USB, saya mendapati masalah berupa kecilnya sinyal operator yang dapat ditangkap oleh modem saya di dalam rumah. Internetan jadi sering disconnect sebab sinyal sering hilang, kebetulan modem yang saya gunakan adalah Huawei E1630 dengan kartu Three. Karena saya menggunakan PC, jadi ngga mungkinlah PC saya bawa keluar rumah. 
Lain kesempatan saya kemudian membeli kabel USB Extender biasa yang panjangnya kurang lebih 1 meter sebagai kabel perpanjangan dan modem saya letakkan dekat jendela. Tapi cara ini juga tidak banyak menolong, mungkin karena sekitar rumah saya banyak ditumbuh pohon besar, serta sinyal dari operator yang saya pakai memang tidak sekuat operator lainnya. L Saya butuh kabel yang lebih panjang, resikonya modem mesti saya letakkan di luar rumah. Mudah-mudah aman. 
Sambil meratapi koneksi yang sering DC, saya browsing mencari cara membuat kabel USB extender sendiri. Tak usah ditanya, pasti selalu ada jalan keluar jika sowan dengan Mbah Google. Mau tahu caranya, berikut langkah-langkahnya :
Siapkan bahan-bahannya, antara lain
  1. Kabel USB biasa, ukuran standard yang 1 m atau 0.5 m > ga sia-sia sudah dibeli nih.
  2. Kabel LAN / kabel UTP buat jaringan > yang ini saya minta ke salah seorang teman  yang kebetulan ada sisa kabel di warnetnya.
Catatan : panjang kabel UTP yang di gunakan maksimal 10 meter. Diatas 10 meter sudah tidak dapat terdeteksi. Panjang kabel UTP yang saya gunakan 9 meter dan dapat bekerja dengan baik. 
 Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah
1.      Pastikan kabel USB terdeteksi oleh computer dan berfungsi dengan baik,
caranya cek dulu dengan flasdisk atau modem.
2.      Potong Kabel USB tersebut dan ambil kedua ujungnya (Male dan Femalenya).
3.      Kupas kulit luar male dan female kabel USB.
Perhatikan ada 4 kabel, yaitu kabel warna Merah, Putih, Hijau, dan Hitam. Kabel-kabel inilah yang nanti akan kita sambung dengan kabel UTP
4.      Kupas kulit luar kedua ujung kabel UTP
perhatikan di dalam kabel UTP terdiri dari 8 kabel kecil dengan warna Putih Oranye, Oranye, Putih Hujau, Hijau, Putih Biru, Biru, Putih Coklat, dan Coklat.
5.      Sambungkan kedua kabel tersebut dengan aturan sebagai berikut :
Warna Kabel UTP                                                    Warna Kabel USB
Putih Orange + Orange      ——————————– > Merah (Jadi satu kabel)
Putih Hijau                     ————————————- > Putih     idem
Hijau                                  ————————————- > Hijau    idem
Putih Biru + Biru + Putih Cokelat + Cokelat —————> Hitam   idem
6.      Solder kedua sambungan agar kuat dan tutup dengan isolasi.
7.      Kabel USB eskterder buatan sendiri telah siap. 
Tetapi  sebelum digunakan ada langkah terakhir yang paling penting agar kabel usb terdeteksi oleh Komputer
8.      Terakhir, Set USB Port Speed pada Bios Komputer dari 2.0 menjadi USB 1.0,
Kabel USB ekstender yang telah dibuat tidak akan terdeteksi jika USB Port Speed yang digunakan adalah 2.0
Nih, screenshot sinyal yang diperoleh setelah menggunakan USB extender buatan sendiri. Full Bar.
NB: Kabel USB Extender ini juga dapat digunakan untuk antena wajanbolic.
Selamat mencoba

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About